Berbagai cara menanam cabe dalam pot dan polibag


Pola berbagai cara menanam cabe dalam pot dan polibag pada artikel kali ini bisa diaplikasikan untuk semua jenis cabe yang ada di Indonesia.Jadi anda bisa mencoba cara-cara yang kami sajikan untuk tanaman cabe anda.Pola tanam yang bisa anda lakukan adalah cabe rawit, cabe merah kriting, cabe tailand dan cabe sayur lainnya.
Pada artikel ini kami akan membahas dari beberapa pertanyaan dari temen pecinta tanaman sayuran, yang sudah meng email ke kami diantaranya,semoga bisa menjawab pertanyaan temen-temen :

  1.  cara menanam cabe rawit di polybag
  2.   cara pemupukan cabe
  3.    cara menanam cabe merah keriting
  4.    cara menanam biji cabe agar cepat tumbuh
  5.    cara menanam cabe rawit halaman rumah
  6.   cara menanam cabai di pekarangan rumah
  7.   cara merawat tanaman cabe agar cepat berbuah

Tanaman Cabe adalah  satu komoditas pertanian dengan harganya sangat cepat berubah-ubah. Apalagi jika akan masuk masa libur dan  besar seperti lebaran, Semua harga buah cabe di semua lokasi sudah pasti  naik tinggi. Faktor inilah yang mendorong masyarakat kita  untuk membudidayakan  cabe, baik untuk kebutuhan bisnis maupun konsumsi pribadi. 

Bagaimana cara mudah menanam cabe dalam pot atau polybag?

 Penanaman cabe dapat dilakukan bagus di dataran tinggi ataupun dataran cela. dengan cara universal menguburkan cabe dapat dilakukan terhadap ketinggian 0-2000 meter di atas kualitas laut. temperatur optimal untuk pohon cabe ada terhadap kisaran 24-27oC, namun tengah dapat ulet untuk temperatur yg lebih bermula itu. personalitas terkandung tersila alamat type jenis cabe
Salah wahid tipe cabe yg serasi guna ditanam di pekarangan yaitu cabe kerting. tipe ini relatif lebih ulet bagi cuaca tropis dan kiranya menyusuk tidak sedikit disukai di pasaran. Berikut ini beta paparkan menyangkut rahasia menguburkan cabe keriting pada polybag.

cara menanam dan memilih biji cabe agar cepat tumbuh

Di pasaran tidak sedikit jenis tipe cabe keriting, sejak mulai mulai sejak hibrida sampai spesies lokal. trick mengebumikan cabe lokal dan hibrida tak memiliki diskrepansi yg berarti. cuma saja sekian banyak cabe hibrida dianjurkan dirawat dgn produk-produk obat-obatan tertentu. spesies hibrida tidak sedikit didatangkan semenjak Taiwan dan Thailand, malahan jenis lokal tidak sedikit ditanam di Rembang, Kudus, sampai negeri Karo, Sumatera Utara.
Saat ini tersedia tipe lokal desain opsi, produktivitasnya juga lebih bagus daripada tipe lokal tidak dengan pengganti. Benihnya dipasarkan dekat paket kaleng seperti tempeleng yg diproduksi Sang Hyang Sri. alamat sudut teknis, rumus menguburkan cabe keriting lokal lebih prasaja dan anti ribet dibanding rumus memakamkan cabe hibrida. Cabe lokal lebih adaptif dengan kondidi lingkungan dibanding cabe hibrida. Hanya saja produktivitasnya masih kalah dari hibrida.

Cara Penyemaian benih Cabe

Cara penanaman  cabe pada polybag sebaiknya tak serta-merta dilakukan mulai sejak anak cucu atau isi buah. Pertama-tama bakal cabe mesti disemaikan malahan dulu. muslihat penyemaian ini gunanya guna menyeleksi pertumbuhan bakal, menguraikan keturunan yg tumbuhnya cebol, kekeliruan atau berpenyakit. terkecuali itu masih kepada menagih kesediaan benih hingga pass ulet ditanam di ruangan yg lebih besar.

Tempat persemaian sanggup kasat mata polybag takaran mungil (8×9 centi meter) daun pisang, baki (tray) persemaian, atau petakan daerah. terhadap menonton lebih detil mari baca trick menciptakan fasilitas persemaian. kiat yg paling irit yakni dgn menciptakan petakan negeri terhadap sarana persemaian.

Buat petakan wilayah dgn takaran secukupnya, campurkan kompos bersama wilayah dulu aduk sampai betul. Butiran negara dibuat sehalus rasa-rasanya biar perakaran mampu menembusnya bersama enteng. pada ketebalan petakan terselip 5-10 centimeter, diatasnya guna larikan dgn celah 10 cm.
Masukkan anak cucu cabe pada larikan dgn retakan 7,5 centimeter setelah itu guyur bagi menyalurkan wilayah dan epilog bersama bubuk atau negeri. sesudah itu penutup dgn karung goni basah selagi 3-4 hri, pertahankan biar karung goni terus basah. terhadap hri ke-4 bakal unjuk benih asal kualitas negara, seterusnya buka karung goni. Sebaiknya petakan ditudungi dgn plastik transparan terhadap mengayomi bakal cabe yg tambah mungil semenjak panas berlebih dan curahan air hujan serentak. pohon cabe kelar dipindahkan ke polybag agung sesudah berusia 3-4 pekan, atau pohon sudah memiliki 3-4 benang daun.

Siapkan media tanam yang tepat
memilih polybag yg tingginya di atas 30 senti meter, biar alat timbun pass tahkik membantu pertumbuhan pohon cabe yg rimbun. terkecuali polybag, mampu tambah dipakai pot permulaan kategori plastik, kerikil, wilayah, atau ubin. Atau mampu tambah memakai wadah-wadah seken yg tak terpakai tengah, beri lubang untuk basic wadah bagi batang air drainase.

Cara mengebumikan cabe dekat polybag mampu memakai alat timbun awal sintesis negara, kompos, pupuk kandang, sekam butir-butiran, arang sekam, dan lain-lainnya. mari baca metode menciptakan alat timbun polybag pada deskripsi lebih detail.
Beberapa sampel komposisi sarana taruh diantaranya yaitu (1) sintesis negara bersama kompos bersama komposisi 2:1, (2) sintesis wilayah, pupuk kandang, dan arang sekam dgn komposisi 1:1:1, atau (3) sintesis negeri dan pupuk kandang bersama komposisi 2:1. jikalau memanfaatkan pupuk kandang, sebaiknya memilih pupuk yg sudah matang. tonton type dan singularitas pupuk kandang.
Buat sarana timbun sehalus tampaknya bersama trik mengayaknya. Campurkan kurang lebih 3 spatula NPK dekat tiap-tiap polybag. Aduk sampai sintesis tercantum memang setimbal. Lapisi sektor pada polybag dgn sabut kelapa, pecahan genteng, atau pecahan styrofoam. Gunanya biar air tak mendirus tanah perakaran tanaman.

Cara memindah bibit ke media tanam cabe
sesudah benih tumbuhan dan fasilitas taruh beres, pindahkan benih tumbuhan cabe bermula area persemaian kedalam polybag. jalankan kewajiban ini ketika pagi hri atau senja hri, di mana surya tak terlampaui terik guna menghindari tensi guna tanaman.

Lakukan eksodus keturunan dgn hati-hati, jangan sampai hingga berlangsung kecacatan buat perakaran tumbuhan. bagi lubang taruh buat polybag sedalam 5-7 centi meter. jikalau persemaian dilakukan di atas polybag atau daun pisang, gugur polybag dan daun pisang dulu panduan semua negeri pada lokasi persemaian kedalam lubang taruh. bila persemaian dilakukan di atas petak negeri atau tray, pindahkan dgn negara yg menempel untuk perakaran dan masukkan kedalam lubang tanam.

Cara memelihara tanaman cabe
penyuburan, memberi penyuburan penambahan dgn skala wahid spatula makan NPK per polybag tiap-tiap bulannya. Atau jika mau menguburkan cabe dengan cara organik, sbg gantinya semprotkan pupuk organik encer untuk musim pertumbuhan daun dan pertumbuhan buah. Tambahkan wahid kepal kompos atau pupuk kandang kambing kepada disaat tumbuhan ingin berbuah.
Penyiraman, tumbuhan cabe sebaiknya disiram sekurang-kurangnya 3 hri sekali. bila surya menyinar terik, guyur tumbuhan tiap-tiap hari.

Contoh gambar cara menanam cabe dalam pot dengan sistem modern dan ekonimis.Dalam menanam cabe tidak harus pada lahan yang luas dan  berada dalam areal pertania khusus.Namu dengan kreatifitas kita bisa melakukan tanaman caba pada lingkungan disekitar kita.Lihat gambar dibawah ini cara menanam cabe dalam pot atau cara menanam cabe dalam polybag

Pengajiran, sesudah tumbuhan cabe berkembang lebih kurang 20 senti meter, memberi ajir bambu. Ajir ini bermanfaat pada membantu tumbuhan supaya berdiri lurus. Perompesan, tunas-tunas bujang yg berkembang di ketiak daun sebaiknya dihilangkan (dirompes). Perompesan dimulai buat hri ke-20 sesudah timbun, perompesan umumnya dilakukan tiga kali sampai terbentuknya delegasi. Gunanya biar tumbuhan tak berkembang kesamping saat batang belum terlampaui aci menopang.

Hama dan kesulitan, pemakaian pestisida sebaiknya cuma dilakukan jikalau tumbuhan tampak menerima hama atau sakit. seandainya nampak ada hama putih semprot dgn pestida, seandainya tampak ada dapat belatung semprot dgn insektisida secukupnya, seandainya kelihatan jamur pakai fungisida. buat bercocok taruh cabe organik pakai pestisida natural, mari tonton di resep menciptakan pestisida organik.


Cara melakukan pemanenan cabe
Umur cabe dari mulai tanam hingga panen bervariasi tergantung jenis varietas dan lingkungan. Masa panen terbaik adalah saat buah belum sepenuhnya berwarna merah, masih ada garis hijaunya. Buah seperti ini sudah masuk bobot yang optimal dan buah cabe masih bisa tahan 2-3 hari sebelum terjual oleh pedagang di pasar. Waktu panen sebaiknya dilakukan pada pagi hari setelah embun kering. Hindari waktu panen pada malam dan siang hari.


Tidak ada komentar: